Rabu, 23 November 2011

Manchester United vs. Benfica

Sejak kekalahan 1-6 dari Manchester City, 23 Oktober lalu, Manchester United terus meningkatkan konsentrasi. Hasilnya United sukses memenangi lima partai pada semua kompetisi.
Pasukan United dipastikan meningkatkan konsentrasi ke level yang lebih tinggi saat melakoni matchday kelima Grup C Liga Champions menjamu Benfica di Stadion Old Trafford, Manchester, Rabu (23/11/2011) dini hari.
Konsentrasi penuh wajib dilakukan United mengingat pertandingan ini akan memberi mereka tiket lolos ke fase knockout pertama. United dan Benfica saat ini sama-sama mengoleksi delapan poin, artinya pemenang dari laga ini otomatis mengantarkan mereka ke babak 16 besar.
Menghadapi wakil Portugal tentu bukan lawan mudah, Benfica belum terkalahkan di setiap laga tandang Liga Champions musim ini. United juga hanya mampu meraih satu poin setelah ditahan imbang 1-1 pada pertemuan pertama di Lisbon.
Manajer Sir Alex Ferguson kemungkinan takkan banyak mengubah komposisi skuadnya dengan menempatkan Wayne Rooney di posisi gelandang seperti pada laga terakhir United melawan Swansea City di Liga Primer Inggris. Saat itu United menang tipis 1-0 lewat gol Javier "Chicharito" Hernandez.
"Saya menyukai posisi itu, saya tak peduli di posisi manapun saya ditempatkan, saya hanya bahagia saat berada di lapangan. Di posisi gelandang, saya sering mendapat bola dan bisa mengatur irama permainan," kata Rooney dilansir The Sun.co.uk, Senin (21/11/2011).
United sangat membutuhkan peran Rooney di pertandingan ini. Penyerang tim nasional Inggris ini memang absen mencetak gol di pentas Liga Primer sejak dua bulan lalu, tapi dia tidak pernah absen menjebol gawang lawan di dua laga terakhir Liga Champions.
"Yang paling terpenting adalah tim, kami bekerja keras bersama-sama, menang bersama, dan kalah bersama. Saya tidak masalah tak mencetak gol selama tim meraih kemenangan," ungkapnya bijaksana.
Pada pertandingan ini, Fergie kemungkinan masih memasang Chicharito sebagai penyerang tunggal dengan support dari Rooney, Ashley Young, Antonio Valencia, Michael Carrick, dan Darren Fletcher.
Ada masalah dihadapi United di posisi pertahanan, Fergie kembali tidak bisa menurunkan kapten tim Nemanja Vidic yang masih harus melakoni sanksi larangan bermain. Dengan demikian, Rio Ferdinand akan bertandem dengan Jonny Evans di posisi senter bek.
Sementara Phil Jones yang tampil sangat impresif saat melawan Swansea akan tetap jadi pilihan utama di posisi bek kanan, Patrice Evra di posisi bek kiri dan tentunya dengan kiper utama diberikan kepada David De Gea.
Di kubu Benfica, Pelatih Jorge Jesus tampaknya menemui pilihan sulit dalam menentukan skuad terutama di posisi lini serang. Ini berkaitan dengan membaiknya penampilan penyerang muda Rodrigo yang telah mencetak lima gol di empat pertandingan terakhir.
"Saya melampaui momen yang sangat bagus. Hanya Tuhan yang tahu sejauh mana saya  telah melangkah. Saya tidak tahu apakah pelatih akan kembali memilihku sebagai pemain utama, namun dua tahun sebelum ini saya tak pernah membayangkan bisa berada di sini," kata Rodrigo dilansir The Times.
Meski baru berusia 20 tahun, Rodrigo sudah membuktikan ketajamannya sebagai striker yang haus gol. Penyerang muda asal Spanyol ini bisa bekerjasama dengan penyerang Paraguay Oscar Cardoza yang saat ini menjadi top skor Benfica.
Selain duet penyerang beda generasi tersebut, Benfica juga didukung gelandang serang berkualitas seperti Pablo Aimar dan serta striker Javier Saviola yang telah malang melintang di kompetisi elite Eropa.
Tantangan terberat yang akan dihadapi Benfica adalah meruntuhkan dominasi United yang selalu tangguh di kandang. United sejauh ini hanya kalah sekali dalam 34 laga home di Liga Champions sejak 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar